Jika Tak Dipilih FIFA, JIS Tak Jadi Direvitalisasi

Jakarta: Pemerintah berencana membatalkan revitalisasi Jakarta International Stadium (JIS). Pembatalan dilakukan jika stadion yang dibangun era Anies Baswedan itu tak dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17.
 
“Iya (JIS tidak direvitalisasi jika tidak dipilih FIFA),”  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu, 5 Agustus 2023.
 
Basuki menjelaskan keputusan revitalisasi JIS ditentukan pada 9 Agustus 2023. Rapat juga bakal menindaklanjuti hasil peninjaun JIS yang dilakukan FIFA. Hasil peninjauan bakal disampaikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Semuanya putusannya baru hari Rabu nanti, siapa berbuat apa, siapa yang nangani nanti persisnya,” ungkap dia.
 

Namun, Kementerian PUPR tetap mengerjakan sejumlah pembangunan fasilitas pendukung di JIS. Salah satunya, jembatan penyebrangan orang (JPO).
 
“Itu (JPO), dipakai atau enggak oleh (Piala Dunia) U-17 (tetap) kita bikin,” ungkap dia.
 
Basuki menjelaskan JPO tersebut telah direncanakan dibangun sebelum JIS diajukan menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia U-17. JPO ini rencananya dibangun guna mempermudah mobilitas masyarakat dari JIS menuju Ancol dan sebaliknya. 
 
Perwakilan dari FIFA telah memeriksa stadion untuk Piala Dunia U-17 2023. Peninjauan dilakukan pada Sabtu, 29 Juli 2023. 
 
Pengecekan stadion JIS berlangsung tertutup. Sehingga awak media tidak diizinkan masuk dan meliput langsung kegiatan inspeksi.
 
Meski belum ada rilis resmi dari perwakilan FIFA terkait JIS, namun Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, menyampaikan terdapat tiga fokus kunjungan FIFA. 
 
“Pertama, kesiapan venue, termasuk main venue dan lapangan-lapangan latihan,” ujar Tisha.
 
Tisha menyebut FIFA merekomendasikan rumput JIS  diganti. Pasalnya, turnamen dengan intensitas pertandingan yang tinggi memerlukan rumput sistem pemulihan yang cepat. 
 
“Di surat juga disebutkan bahwa pemulihan perbaikan ini butuh waktu 8-10 pekan. Menurut saya, ini inisiatif yang sangat baik dari FIFA agar Indonesia bisa mempersiapkan JIS agar bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17,” ujar Tisha.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(ABK)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Keterangan Berbelit, Hakim Semprot Pejabat Kominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *