Kronologi Baim Wong Jadi Korban Penipuan Chat WhatsApp, Rekening Dibobol

Rabu, 1 November 2023 – 08:22 WIB

VIVA Showbiz – Maraknya tindak penipuan dengan modus malware yang dikirim lewat aplikasi WhatsApp kini menimpa artis Baim Wong. Baru-baru ini bapak dua anak itu mengungkapkan pengalaman tak menyenangkannya karena menjadi korban penipuan digital tersebut.

Baca Juga :

Usai Ditipu, Banyak Netizen Curhat Jadi Korban Penipuan Mengatasnamakan Baim Wong

Mulanya, Baik Wong menerima pesan WhatsApp dari nomor yang tak dikenal. Pengirim chat tersebut mengaku sebagai kurir paket dan mengirim foto berupa dokumen yang dikira merupakan paket yang sedang ditunggu oleh Baim Wong. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Di samping Baim Wong sendiri memang sedang menunggu kiriman paket, ia pun langsung membuka file tersebut tanpa berpikir macam-macam. Akan tetapi setelah file itu dibuka, ponsel Baim Wong justru ngeblank dan di situ lah ia mulai curiga.

Baca Juga :

Top Trending: Modus Penipuan Rem Berasap di Puncak Bogor, Ojol Palak Penumpang

“Nah saya itu ngga ngeh, main klik aja karena saya memastikan paket saya dan anehnya yang muncul adalah tampilan loading beberapa saat. Saya itu agak curiga sebenarnya,” kata Baim Wong, mengutip video di Instagramnya, Rabu 1 November 2023.

Baca Juga :

Pria di Bandung Bunuh Temannya Gegara Tak Terima Dikeluarkan dari Grup WhatsApp

Sayangnya saat itu Baim Wong sedang disibukkan oleh pekerjaannya sehingga ia mengabaikan kecurigaannya tersebut. 

Beberapa hari kemudian setelah kejadian itu, Baim Wong mendapatkan beberapa notifikasi aktivitas transaksi di bank yang aneh dan mencurigakan. Rekening pribadi milik Baim Wong tiba-tiba mengirim sejumlah uang ke nomer rekening yang tak dikenalnya. Baim Wong pun langsung menghubungi pihak bank dan menutup nomor rekeningnya.

Baca Juga  Anak Muda Harus Melek Politik, Kalau Diam Nanti Tanggung Konsekuensinya

“Tapi setelah berlalu-lalu, berhari-hari akhirnya kemarin saya dikagetkan dengan beberapa notifikasi transfer bank yang saya terima. Sejumlah uang telah ditransfer dari salah satu rekening saya ke rekening lain yang tidak saya kenal dan di situ saya langsung menghubungi pihak bank dan memutuskan untuk memblokir rekening saya,” jelas Baim Wong.

Penasaran dengan apa yang dialaminya, Baim Wong mulai mencari di internet. Ia akhirnya menyadari bahwa kejadian yang tengah menimpanya saat itu adalah tindak penipuan yang terjadi lewat aplikasi WhatsApp. Modus penipuan ini melibatkan pengiriman malware lewat chat berupa dokumen atau link yang biasanya disamarkan sebagai pengiriman paket, promosi, bahkan undangan. 

Baim Wong langsung mengambil langkah cepat di mana ia mengamankan uangnya dengan memblokir semua rekening yang ia punya dan segera mengganti password aplikasi keuangan di ponselnya. Dia juga berkonsultasi dengan pihak berwajib di Bareskrim Polri atas kasus penipuan yang dialaminya.

“Saya periksa kembali satu persatu aplikasi layanan keuangan yang ada di handphone, dan saya mengganti semua password. Oke sekarang buat para bosque di rumah, teman-teman juga jangan sampai musibah yang menimpa saya termasuk sejumlah kerugian finansial. Berapa pun uangnya, kerugiannya, terjadi pula pada teman teman saya. Kemarin saya juga sudah konsultasi ke teman di Bareskrim. Dia membenarkan memang sekarang marak sekali terjadi penipuan lewat WhatsApp,” ujar Baim Wong.

“Saya ngga ingin masalah ini berlarut-larut dan saya juga tidak mau menyalahkan pihak-pihak tertentu. Saat ini saya ingin kembali fokus ke pekerjaan, musibah tentunya datang untuk menjadi peringatan saya agar ke depannya bisa menjadi lebih baik. Mudah-mudahan pelajaran ini ada, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,” tutup Baim Wong.

Baca Juga  Nyetir Sambil Online Zoom, Inara Rusli Kecelakaan

Halaman Selanjutnya

“Tapi setelah berlalu-lalu, berhari-hari akhirnya kemarin saya dikagetkan dengan beberapa notifikasi transfer bank yang saya terima. Sejumlah uang telah ditransfer dari salah satu rekening saya ke rekening lain yang tidak saya kenal dan di situ saya langsung menghubungi pihak bank dan memutuskan untuk memblokir rekening saya,” jelas Baim Wong.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *