Prabowo-Gibran Menang Telak di Sumut dengan Perolehan 4,6 Juta Suara

Sabtu, 16 Maret 2024 – 13:00 WIB

Jakarta – Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang telak di Sumatera Utara (Sumut) dengan perolehan 4.660.408 suara.

Baca Juga :

Hasyim Sindir KPU Jabar Lelet, Belum Hadir di Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Nasional

Hasil perolehan tersebut diperoleh dari KPU Sumatera Utara saat rapat rekapitulasi penghitungan suara Pemilu ditingkat nasional, di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret 2024 malam. Rapat dihadiri oleh para saksi dan Bawaslu.

Prabowo-Gibran berada di posisi teratas. Kemudian diposisi kedua terdapat pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan perolehan suara sebanyak 2.339.620.

Baca Juga :

Bawaslu Surati KPU 3 Kali soal Kontroversi Data Sirekap, Ini Isinya

Sementara pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berada di urutan ketiga dengan 999.528 suara. Adapun pengguna hak pilih sebanyak 8.149.788 pemilih.

Baca Juga :

Prabowo-Gibran Unggul di Sulteng dengan 1,2 Juta Suara, Ganjar-Mahfud Cuma 160 Ribu

Total surat suara sah sebanyak 7.999.556 dan total surat suara tidak sah ada 150.232.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik mengesahkan hasil perolehan suara tersebut. Idham pun mengetuk Palu sebagai tanda sah.

“Dengan demikian pembacaan formulir d hasil pemilu presiden dan wakil presiden provinsi Sumatera Utara kami tetapkan,” kata Idham.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan dan mengesahkan rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2024 tingkat nasional di 31 dari 38 provinsi Indonesia, Jumat, 15 Maret 2024.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendominasi dengan unggul di 29 provinsi dan meraup 74,9 juta suara atau tepatnya 74.998.973 suara.

Baca Juga  Jadi Juri, Sansan Pee Wee Gaskins Berharap Jadi Jalan Pintas Positif

Sementara, capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berada di urutan kedua dengan menang di dua provinsi dan meraih 30.602.884 suara.

3 capres yang jadi kontestan Pilpres 2024

3 capres yang jadi kontestan Pilpres 2024

Kemudian, capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berada di urutan buncit dengan mendapatkan 22.965.031 suara.

Sebanyak 31 provinsi yang rekapitulasi suaranya sudah disahkan KPU, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat. Selanjutnya Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Banten, Kalimantan Utara, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Riau, Papua Barat, Sulawesi Utara, dan Bengkulu. Kemudian, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, NTB, Papua Selatan, Jambi, Maluku Utara, dan Sumatera Utara.

Halaman Selanjutnya

“Dengan demikian pembacaan formulir d hasil pemilu presiden dan wakil presiden provinsi Sumatera Utara kami tetapkan,” kata Idham.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *